Kamis, 07 April 2016

Colonia n Imperia

Hai sobat pecinta dan pembenci sejarah!! (atau tidak keduanya) Hanum balik lagi nih. Apalagi kalau bukan mengerjakan tugas dari Pa Erwin. 
Hanum pengen kasih tau dulu nih bagi yang belum tau tentang imperialisme dan kolonialisme # kalo yang udah tau diem aja ya.

Pengertiannya?
Koloni asalnya dari kata colonia ( Bahasa latin) yang berarti tanah pemukiman jajahan. Jadi maksudnya adalah tempat pemukiman suatu negara diluar wilayah negaranya dan si negara ini ngaku-ngaku kalo tempat pemukimannya punya dia.

Bentuk-bentuk Kolonialisme
1. Koloni eksploitasi
peguasaan suatu wilayah unntuk menguras habis SDM dan SDA nya
2. Koloni Penduduk
Penyingkiran penduduk pribumi untuk digantikan dengan pendatang
3. Koloni deportasi daerah yang dikuasai untuk membuang narapidana

Kata imperialisme berasal dari Bahasa latin yang artinya memerintah. Imperialisme merupakan suatu system penjajahan yang dilakukan dengan cara membentuk pemerintah jajahan dengan menanamkan pengaruh segala bidang kehidupan dan mengendalikan wilayah jajahannya.Imperialisme dibagi menjadi kuno dan modern nih guys, kuno itu berlangsung sebelum revolusi industri tujuannya mencapai 3G, GOLD, GLORY, GOSPEL. Tapi kalo Imperialisme modern tujuannya untuk mengembangkan perekonomiannya. Spanyol dan portugis ialah negara yang menjalankan imperialisme kuno. Sementara Inggris adalah negara yang menganut imperialisme modern.

What's the different??
Kolonialisme itu bertujuan untuk dapat menguras habis sumber daya (Resource) alam dari negara yang bersangkutan untuk dapat diangkut ke negara penjajah.
Tapi kalau Imperialisme tujuannya untuk dapat menanamkan pengaruh dalam semua bidang kehidupan negara yang bersangkutan.
Lalu, yang sama apa?
Sama-sama membuat negara penjajah makin makmur sejahtera sentosa dan membuat negara yang dijajah nya semakin jatuh dan tak bisa bangkit lagi, aku tenggelam dalam lautan luka dalam, ups :-D pokoknya kasian deh negara yang dijajah. # kasihannya Indonesia T_T

Contoh Koloialisme? Portugis,Spanyol, Belanda
Contoh Imperialisme?Jepang, Inggris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar