Kamis, 07 April 2016

Dagang dan Dagang....

Hai teman-teman semua,,,
tugas belum kelar juga nih. masih adalagi
yaitu fungsi dagang bangsa Eropa, tapi sebelum itu hanum mau ngasih tau dulu nih kalau bangsa eropa itu membentuk kongsi-kongsi dagang atau ya bisa disebut pesekutuan deh.
1.VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie)-Belanda


VOC dibentuk pada tanggal 20 Maret oleh parlemen Belanda. VOC merupakan Persekutuan Dagang Hindia Timur atau Vereenigde Oost Indische Compagnie.

Pimpinan VOC terdiri atas 17 anggota sehingga dinamakan Heren Zeventien. Kongsi dagang ini dianggap sebagai perusahaan multinasional pertama di dunia sekaligus merupakan perusahaan pertama yang mengeluarkan sistem pembagian saham.
Tujuan didirikan VOC
*      Menghindarkan persaingan tidak sehat diantara sesama pedagang Belanda
*      Memperkuat kedudukan Belanda dalam menghadapi persaingan dangan para pedagang Eropa lain ataupun dengan para pedagang Asia
*      Membantu pemerintah Belanda menghadapi Spanyol.
2. EIC(East India Company)-Inggris
East India Company adalah perusahaan dagang Inggris pertama di India, yang didirikan atas perintah Ratu Elizabeth I, pada tanggal 31 Januari 1599. Melalui 
perusahaan bernama East India Company itu, Inggris diberi
hak monopoli dagang di negara-negara Timur.East India Company terdiri dari sekelompok pedagang London dan pejabat kota. Mereka membeli beberapa kapal, dan memenuhinya dengan barang dagangan untuk dijual di kawasan timur. Ketika pulang ke Inggris, mereka juga membawa lada dari Sumatera dan Jawa.
Jadi, tujuan utama Inggris EIC adalah mengembangkan usaha milik Inggris sendiri karena Inggris sudah mengalami revolusi industri

3. CDI (Compagnie des Indes)-Perancis

    
Perusahaan Hindia Timur Perancis adalah sebuah perusahaan komersial yang didirikan pada tahun 1664. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1664 atas permintaan Colbert, menteri keuangan pada masa pemerintahan Louis XIV dengan tujuan mengembangkan perniagaan dengan kongsi-kongsi dagang yang didirikan di pelabuhan utama Ormuz dan Tiongkok dan untuk menyaingi Kongsi Dagang Inggris dan Belanda.

4.Portugis East India Company-Portugis

Portugis East India Company ( Portugis : Companhia do Commercio da India atau Companhia da India Oriental) adalah perusahaan berumur pendek yang didirikan oleh Philip III dari Portugal , Raja Iberia Union . Tujuannya untuk :
  • menciptakan sebuah perusahaan carteran nasional
  • menjaga kepentingan di India Portugis di wajah pada perambahan oleh Belanda dan Inggris menyusul persatuan Kerajaan Portugis dan Spanyol .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar